Kebocoran yang terjadi pada AC dapat menyebabkan kerugian besar bagi penggunanya jika tidak segera diperbaiki. Pada artikel berjudul sama di Bagian Pertama kita sudah membahas tentang beberapa poin yang harus diperhatikan jika kondisi AC yang ada di rumah atau kantor kita mengalami kebocoran yang bisa disebabkan oleh hal umum dari AC seperti dibawah ini :

  • Keausan atau kerusakan pada selang atau fitting

  • Keausan pada saluran atau pipa

  • Kerusakan pada unit AC itu sendiri

Untuk memperbaiki AC yang bocor, pertama-tama perlu diidentifikasi sumber kebocoran. Ini dapat dilakukan dengan melakukan inspeksi visual atau menggunakan alat tes tekanan udara. Setelah sumber kebocoran ditemukan, bagian yang rusak harus diganti atau diperbaiki. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diambil jika anda ingin mencoba melakukan pengecekan awal dan perbaikan kecil sendiri.

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Jika AC Anda Bocor.

  1. Matikan Unit AC agar tak terus mengeluarkan air
  2. Bersihkan genangan air untuk mencegah kerusakan di area sekitarnya.
  3. Tentukan Penyebab Kebocoran
  4. Ganti Saringan Udara
  5. Periksa Level Refrigeran

Selanjutnya di Part 2 ini kami tambahkan langkah berikutnya untuk melengkapi pembahasan sebelumnya.

Penyumbatan atau Retak di Pipa Pembuangan dan Panci AC Anda.

Air meluap yang disebabkan oleh sumbatan atau retakan pada panci atau pipa pembuangan Anda dapat dengan mudah diperbaiki dengan mengidentifikasi retakan, mengganti komponen AC yang retak, dan menghilangkan sumbatan apa pun.

Seiring waktu, panci pembuangan dan pipa pembuangan untuk AC dapat tersumbat oleh kotoran, debu, jamur, dan bahkan kotoran halaman. Periksa panci di dasar penangan udara dan singkirkan kotoran apa pun. Di luar ruangan, singkirkan semua penyumbatan. Anda mungkin memerlukan teknisi HVAC untuk membersihkan pipa pembuangan yang benar-benar tersumbat. Seorang profesional akan memiliki akses ke bahan kimia dan ular untuk membersihkan saluran.

Saat mencari retakan atau penyumbatan di panci dan pipa pembuangan AC, pertama-tama Anda harus membuang air. Anda dapat melakukan ini menggunakan penyedot debu basah-kering untuk melakukannya. Kemudian perhatikan baik-baik apakah ada retakan. Anda dapat menggunakan senter jika perlu memeriksa lebih dekat apakah ada retakan pada panci.

Jika kebocoran disebabkan oleh retakan pada panci pembuangan, Anda dapat menambal masalahnya dengan sealant air. Namun, Anda tidak ingin menggunakan sealant air sebagai solusi akhir. Pesan panci pengganti agar tidak bocor kembali.

Solusi: Bersihkan kotoran dan ganti panci pembuangan jika retak.

Koil Evaporator Menjadi Beku

Anda mungkin akan tahu kapan koil evaporator Anda membeku sebelum Anda melihat AC bocor. Saat koil membeku, pendinginan berhenti meskipun sistem dapat terus berjalan. Berkurangnya aliran udara adalah penyebab utama koil beku, umumnya disebabkan oleh kotoran yang berlebihan.

Seiring waktu, debu dapat terkumpul di koil, terutama jika sistem Anda tidak dirawat secara profesional. Menjalankannya tanpa filter udara atau dengan filter yang terlalu kotor akan mengendapkan debu di atas koil, atau koil mungkin tertutup jamur. Karena koil evaporator tidak memiliki aliran konstan di atasnya, maka akan menjadi terlalu dingin dan membeku. Saat meleleh dan membeku kembali dan meleleh lagi, kelebihan air dapat membanjiri sistem Anda dan menyebabkan kebocoran.

Teknisi HVAC dapat membersihkan koil dan penggantian filter udara rutin akan mencegah debu menumpuk di koil evaporator. Jika ada jamur, minta teknisi HVAC Anda memasang lampu UV (ultraviolet) yang menyinari koil untuk mencegah pertumbuhan biologis.

Refrigeran rendah juga dapat menyebabkan koil evaporator beku, suatu kondisi yang hanya dapat didiagnosis dan dipecahkan oleh teknisi HVAC berlisensi. Jika tidak ada masalah mekanis lainnya dengan sistem Anda, hubungi kontraktor Anda untuk pemeriksaan sistem.

Solusi: Ganti filter udara Anda dan mintalah profesional HVAC untuk memeriksa tingkat refrigeran Anda dan bersihkan koil evaporator Anda.

Apakah Kebocoran Air Dalam Jumlah Kecil Normal?

Sejumlah kecil air dari kondensasi dari unit AC Anda benar-benar normal. Ini adalah jumlah kebocoran air yang ingin Anda awasi jika Anda mulai mencurigai unit Anda mungkin rusak. AC Anda tidak boleh mengeluarkan air dari kondensasi saat tidak bekerja. Anda juga perlu memeriksa apakah genangan air yang terbentuk di bawah unit Anda akan mengering dalam sehari. Jika tidak, saatnya untuk mulai memeriksa unit untuk potensi kerusakan.

Apakah Air Bocor dari AC Berbahaya?

Air yang bocor dari unit AC Anda belum tentu berbahaya bagi penghuni rumah Anda. Namun, dapat merusak rumah Anda jika tidak segera dibersihkan dan diperbaiki. Kerusakan yang disebabkan oleh air tersebut dapat terjadi dalam waktu 24 hingga 48 jam dan pastinya akan menyebabkan kerugian yang lebih besar jika tak segera diatasi.

Meskipun kebocoran air adalah jenis kebocoran yang lebih umum terjadi pada unit AC, ada kemungkinan kecil kebocoran zat pendingin menjadi penyebab kebocoran AC Anda. Jika Anda menduga ini masalahnya, Anda harus segera menghubungi profesional HVAC setempat. Kebocoran refrigeran bisa sangat berbahaya bagi penghuni rumah Anda saat refrigeran berubah menjadi gas.

Bolehkah Menggunakan AC Saat Bocor?

Lebih baik matikan unit AC Anda saat bekerja untuk mengatasi kebocoran. Dengan menjaga unit Anda pada Anda dapat menyebabkan kebocoran lebih lanjut atau meningkat. Ini tidak hanya dapat merusak unit Anda lebih lanjut tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada area sekitarnya.

Apa Cara Terbaik untuk Memperbaiki Unit AC Bocor dengan Cepat?

Jika tidak ada solusi sederhana atau anda tidak mau repot turun tangan sendiri untuk menghandle kebocoran pada AC Anda, saatnya memanggil ahlinya. Memilih teknisi HVAC setempat untuk memeriksa unit Anda dapat membantu Anda menemukan solusi dengan cepat dan mudah. Teknisi Anda akan dapat dengan cepat menemukan dan memperbaiki penyebab kebocoran AC Anda.

Pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari AC bocor. Melakukan pemeriksaan sekali hingga dua kali setahun akan membantu mendeteksi dan menangani masalah. Memiliki pemeriksaan standar yang dilakukan pada saat cuaca teduh dapat mempersiapkan unit Anda untuk musim ketika harus bekerja paling keras (dan rentan membutuhkan perbaikan). Dengan melakukan perawatan yang tepat dan cepat, Anda dapat menjaga kinerja AC Anda dan menghemat biaya di masa depan. 

Apakah Anda sedang mencari inspeksi sederhana atau berharap untuk memperbaiki unit Anda? Hubungi Protk untuk layanan HVAC terbaik untuk pemilik rumah atau gedung tempat usaha anda.